Ketepatan dalam memilih strategi pembelajaran yaitu bagian yang sangat penting dalam upaya meningkatkan pencapaian hasil belajar siswa. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran terhadap hasil belajar Matematika. Penelitian ini menggunakan penelitian rancangan faktorial 2x2. Melalui desain ini akan dibandingkan pengaruh antara strategi pembelajaran Interaktif dan pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar Matematika siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 09 Kaba Wetan yang berjumlah 76 siswa, terdiri atas 2 kelas. Untuk menentukan kelas sampel maka digunakan teknik pengambilan sampel secara acak kelas (cluster random sampling). Kelas sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas berjumlah 76 siswa, kelas IV-A sebagai kelas Interaktif dan kelas IV-B sebagai kelas berbasis masalah. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik statistik deskriptif dan inferensial. Dan melakukan uji persyaratan analisis yakni uji normalitas dengan menggunakan Uji Lilifors, sedangkan persyaratan homogenitas menggunakan Uji F dan Uji Barlett. Setelah melakukan pengujian persyaratan analisis, selanjutnya dilakuka pengujian Analilsis varians dua jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran terhadap hasil belajar Matematika siswa. Sehingga pemilihan dalam strategi pembelajaran yang sesuai dipengaruhi oleh kemampuan guru dalam memahami karakteristik siswanya. Dalam startegi pembelajaran yang diterapkan guru dapat mengoptimalkan hasil belajar Matematika siswa dengan memilih strategi kelas yaitu pembelajaran Interaktif dan kelas pembelajaran berbasis masalah.
Copyrights © 2020