Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengkaji gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SD Negeri Kintelan 2 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ini kepala sekolah di SD Negeri Kintekan 2 Yogyakarta benar memiliki gaya kemimpinan yang sangat baik, kolektif serta bertanggung jawab seperti penuturan warga sekitar sekolah. Selain itu kepala sekolah berdasarkan temuan menerapkan gaya kepemimpinan yaitu tipe demokratis. Kepala sekolah di SD Negeri Kintelan 2 memiliki gaya kepemimpinan yang demokratis, dapat merangkul pendidik dan pegawai dalam meningkatkan kinerja guru, kualitas pembelajaran, dan kualitas pembelajaran yang baik secara cepat, serta memahami terus mengevaluasi dan memperbaiki kekurangan di SD Negeri Kintelan 2 Yogyakarta dengan strategi dan metode yang tepat. . cocok. Untuk menjadi pemimpin yang baik, harus ada faktor-faktor yang mempengaruhi sikap seorang pemimpin, antara lain; faktor pengetahuan atau keterampilan kepemimpinan, lingkungan, perilaku atau kepribadian, dan sosial. Untuk menjadi pemimpin yang memiliki kualitas yang baik, seorang kepala sekolah harus memiliki keterampilan kepemimpinan, ikatan dan kerjasama yang harmonis, dan lingkungan yang baik.
Copyrights © 2021