Seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menuntut guru untuk membuat sebuah inovasi dalam kegiatan belajar mengajar, salah satunya yaitu dengan penggunaan strategi dan model pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendesripsikan penggunaan metode blended learning dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Metode yang digunakan yaitu pendekatan studi pustaka (library research) melalui sumber pustaka yang berhubungan dengan metode blended learning dalam meningkatkan motivasi belajar serta berbagai sumber literatur lainnya. Kemudian dianalisis dan disajikan hasil temuan data secara objektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Blended Learning merupakan pembelajaran yang mengkombinasikan antara pembelajaran secara konvensional, belajar mandiri dan belajar mandiri secara online. Dalam meningkatkan motivasi belajar dengan metode Blended Learning di sekolah dasar dapat dilakukan dengan beberapa langkah, yaitu 1) mempersiapkan silabus dan Rencana Program Pembelajaran (RPP), 2) membuat rancangan penilaian 3) menentukan metode yang cocok, dan 4) melaksanakan proses pembelajaran yang berlangsung secara efektif. Dengan ini, proses belajar mengajar bisa berlangsung dengan baik dan menghasilkan generasi yang terdidik, yang mampu bersaing dan menjawab tantangan masa depan, serta berprestasi.
Copyrights © 2021