Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Vol 4, No 1 (2021): JUNI

PENERAPAN PRINSIP DAN PRAKTIK DEMOKRASI INTEGRASI KURIKULUM TERPADU STUDENT CENTERING DI KOTA MEDAN

Safran Safran (UIN Sumatera Utara)
Ahmad Tarmizi Hasibuan (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)
Fitri Yuliawati (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2021

Abstract

Integrasi kurikulum yang berpusat pada siswa atau sering disebut dengaan Curriculum Integration (CI) adalah konsep yang didukung dengan pendidikan demokrasi. Ini menempatkan siswa di pusat pembelajaran, melibatkan mereka dalam keputusan kelas dan perencanaan kurikulum. Tulisan ini memeriksa apa yang terjadi ketika tiga guru, berlokasi di tiga sekolah di kota Medan, mengeksplorasi prinsip-prinsip demokrasi dan praktik yang melekat dalam integrasi kurikulum yang berpusat pada siswa. Studi ini adalah proyek kualitatif skala kecil, jadi interpretasi temuan harus dilihat dengan Penelitian tindakan partisipatif (PAR). Teknik pengumpulan data adalah Triangulasi. Temuan menunjukkan bahwa bentuk penerapan prinsip dan praktik demokrasi Integrasi Kurikulum yang berpusat pada siswa di Sekolah Dasar di kota medan adalah berpikir secara demokratis-pedagogi dan praktik, terampil mempertanyakan, membangun rasa kebersamaan melalui pengambilan keputusan bersama, kurikulum yang dibangun bersama.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ABDAU

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Abdau ini adalah jurnal pendidikan dasar Islam yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Pendidikan Islam (STPI) Bina Insan Mulia Yogyakarta. Jurnal ini sebagai sarana mempublikasikan hasil penelitian dan pemikiran pendidikan dasar Islam/madrasah ibtidaiyah oleh para pakar pendidikan, dosen, guru, ...