Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Vol 4, No 1 (2021): JUNI

TRANSFORMASI SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN) MENJADI INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN AKADEMIK

Zulkarnain Zulkarnain (Sulthan Thaha Saifuddin State Islamic University Jambi)
Ahmad Syukri (Sulthan Thaha Saifuddin State Islamic University Jambi)
Maisah Maisah (Sulthan Thaha Saifuddin State Islamic University Jambi)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan alasan transformasi STAIN menjadi IAIN dan pelayanan akademik pra – pasca transformasi, serta studi persepsi mahasiswa PGMI terhadap transformasi lembaga tersebut. Adapun latar penelitian yaitu IAIN Batusangkar dan IAIN Bukittinggi di Provinsi Sumatera Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analitik. Penentuan subjek penelitian secara snowball sampling, analisis data dengan teknik reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan penarikan simpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) STAIN Batusangkar dan STAIN Bukittinggi melakukan transformasi dipengaruhi faktor internal dan eksternal; (2) Aspek sejarah kedua lembaga tersebut dengan kampus ternama di Sumatera Barat, yaitu UIN Imam Bonjol dan Universitas Negeri Padang (UNP); (3) upaya meningkatkan daya jangkau pemerataan, sebaran mutu, dan daya saing di era globalisasi; (4) peningkatan layanan akademik meliputi kompetensi lulusan, isi, proses, penilaian, dosen (tenaga pendidik), sarana-prasarana, pengelolaan, dan pembiayaan pendidikan. Dengan demikian, disimpulkan bahwa transformasi STAIN menjadi IAIN di Sumatera Barat dapat meningkatkan pelayanan akademik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ABDAU

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Abdau ini adalah jurnal pendidikan dasar Islam yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Pendidikan Islam (STPI) Bina Insan Mulia Yogyakarta. Jurnal ini sebagai sarana mempublikasikan hasil penelitian dan pemikiran pendidikan dasar Islam/madrasah ibtidaiyah oleh para pakar pendidikan, dosen, guru, ...