JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia)
Vol 5, No 2 (2020): VOLUME 5 NUMBER 2 SEPTEMBER 2020

Inovasi Media Lagu untuk Pembelajaran Sastra Indonesia di Sekolah Dasar

Dedek Kurniawati (Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat)
Siti Nur Asmah (Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat)



Article Info

Publish Date
24 Sep 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa inovasi media lagu dapat memudahkan siswa dalam mengingat materi. Sebab, tanpa disadari siswa belajar sambil menyanyikan lagu yang liriknya diganti dengan isian materi yang berhubungan dengan materi pelajaran.Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran sastra inovatif berupa lagu dengan keunggulan yang easy listening.Media lagu tidak hanya bermanfaat untuk siswa, tetapi juga dapat dimanfaakan oleh guru dan stakeholder terkaitsebagai referensi yang memperkaya inovasi pembelajaran sastra Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengembangan (R&D). Hasil uji instrumen penelitian menunjukkan bahwa rumusan soal dan media layak untuk digunakan serta hasil posttest siswa setelah diaplikasikannya media sudah melewati batas KKM (75) yaitu dengan rata-rata pada materi pantun yaitu 83,81, materi puisi yaitu 87,62, materi fabel yaitu 80,00, dan materi cerpen, yaitu 75,24.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JP-BSI

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (JP-BSI), publishes research-based articles in the field of language, literature, and learning. It is published twice a year, namely in March and September. The scopes of the topics include, but not limited to: 1) Foreign language learning, Indonesian ...