Literasi : Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pembelajarannya
Vol 4, No 2 (2020): JURNAL LITERASI OKTOBER 2020

ANALISIS KESULITAN MENULIS KARYA ILMIAH SISWA SMA TERBUKA

Siti Pitrianti (Unknown)
Rosi Gasanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Oct 2020

Abstract

Tulisan ini memuat hasil penelitian berkaitan dengan kesulitan menulis karya ilmiah siswa SMA Terbuka. Analisis ini berfokus pada komponen wajib karya ilmiah yang terdiri atas penyusunan judul, latar belakang, rumusan masalah, pembahasan, pengutipan dan daftar pustaka serta tata letak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Tempat penelitian ini adalah di SMA Terbuka. Sumber data penelitian adalah siswa kelas XI SMA Terbuka. Penerapan sistem pembelajaran di SMA Terbuka diselenggarakan secara online atau dikenal dengan istilah Dominan Online (Domon) dengan menggunakan modul baik cetak atau noncetak. Dalam beberapa bagian ditemukan kesulitan siswa dalam menulis karya ilmiah. Meskipun beberapa keterbatasan dimiliki siswa SMA Terbuka, kemampuan menulis karya ilmiah ini harus dikuasai karena dibutuhkan dalam dunia kerja. Oleh karena itu, hasil penelitian ini dapat digunakan untuk merencanakan pembelajaran menulis karya ilmiah yang dapat mengatasi kesulitan menulis siswa, baik perencanaan model, bahan ajar, maupun media pembelajaran di SMA Terbuka.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

literasi

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Literasi : Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pembelajarannya telah terindek Sinta 5 oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (RistekDikti) Republik Indonesia sebagai pencapaian untuk jurnal yang memiliki kualitas dalam manajemen dan publikasi. Selanjutnya, Literasi : Jurnal ...