Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan
Vol 6, No 1 (2018): Kwangsan

PENGEMBANGAN MODEL MOBILE VIRTUAL LABORATORIUM UNTUK PEMBELAJARAN PRAKTIKUM SISWA SMA

nFn Manikowati (Balai Pengembangan Multimedia Pendidikan dan Kebudayaan)
Dody Iskandar (Balai Pengembangan Multimedia Pendidikan dan Kebudayaan)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2018

Abstract

The schools and or students number compared with the experimental laboratories was still not proportional. The available virtual laboratory media had not accommodated the anywhere and anytime learning mobility. This research was to develop mobile V-Lab for senior high school. This research and development was conducted along May  December 2016. It started from identifying problems, analyzing needs, designing mobile V-Lab, producing the applications, implementing and evaluating them. Instruments used were closed and opened quessionaires, observation sheet, and interview sheet. From the data identified, it was needed an offine mobile V-Lab with simulation format, and completed with an experiment sheet. Information and perform/ experiment features linked with the downloadable experiment sheet was designed. Two prototypes were developed by using Unity and implemented in web www.m-edukasi.kemdikbud.go.id dan google play. Those, then, were evaluated and revised to get a qualified applications and implemented. Considering the results, it was recommended to make more apps. AbstrakPerbandingan antara jumlah sekolah dan atau siswa dengan laboratorium praktikum belum proporsional. Media pembelajaran virtual lab yang sudah dikembangkan belum bisa mengakomotir mobilitas pembelajaran yang bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan mobile virtual lab dengan sasaran SMA. Penelitian dan pengembangan ini dilaksanakan dengan rentang waktu Mei – Desember 2016. Penelitian dimulai dari identifikasi masalah, analisis kebutuhan, perancangan mobile V-Lab, produksi aplikasi, implementasi, dan diakhiri dengan evaluasi formatif. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner tertutup, kuesioner terbuka, lembar observasi, dan panduan wawancara. Dari permasalahan yang teridentifikasi, didapatkan kemudian kebutuhan mobile V-Lab yang bersifat offline pada aplikasinya, berformat sajian simulasi, dan dilengkapi dengan Lembar kerja Praktikum (LKP) sebagai panduan praktikum. Untuk itu, pada desainnya, mobile V-Lab dilengkapi dengan fitur informasi dan performa serta LKP yang bisa diunduhmelalui aplikasi. Dua prototipe aplikasi mobile V-Lab dibuat dengan menggunakan Unity dan selanjutnya diimplementasikan di web www.m-edukasi.kemdikbud.go.id dan google play. Kedua prototipe tersebut akhirnya diuji coba dan direvisi sehingga mendapatkan aplikasi yang berkualitas dan layak untuk dimanfaatkan dalam pembelajaran. Memperhatikan hasil yang telah diperoleh direkomendasikan kemudian agar mobile V-Lab tersebut dikembangkan lebih banyak lagi.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jurnalkwangsan

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan is a journal aims to be a peer-reviewed platform and an authoritative source of information. We publish original research papers, review articles and case studies focused on 5 areas of educational technology as well as related topics. All articles are ...