Jurnal At-Tadbir : Media Hukum dan Pendidikan
Vol 30 No 1 (2020): Tinjauan Masalah Hukum, Tafsir dan Pendidikan

Pengelolaan Pembelajaran Fiqih dengan Pendekatan Kontekstual

Mulyawan Safwandy Nugraha (STAI Syamsul 'Ulum Gunungpuyuh Sukabumi)
Ai Rohayani (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2020

Abstract

Pengembangan strategi dan pendekatan dalam proses pembelajaran fiqih di madrasah aliyah melalui pendekatan kontekstual diharapkan dapat menciptakan proses pembelajaran yang aktif hingga menumbuhkan semangat dan minat belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pengelolaan dan evaluasi pelaksanaan pembelajaran fiqih oleh Guru Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan pendekatan kontekstual di MA Persis 68 Warudoyong Kota Sukabumi. Metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif digunakan melalui teknik observasi dan wawancara kepada guru fiqh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Perencanaan pembelajaran telah ditempuh dengan persiapan yang telah baik, di antaranya dengan merumuskan dengan lengkap komponen: tujuan, materi, strategi, metode, teknik, taktik, pengembangan silabus dan persiapan pembelajaran; Pengelolaan pembelajaran telah sesuai dengan penerapan/implementasi pendekatan kontekstual yaitu melalui tahapan constructivism (konstruksivisme), inquiry (menemukan), questioning (bertanya), learning community (masyarakat belajar), modeling (permodelan), reflection (refleksi), dan authentic assessment (penilaian sebenarnya); Evaluasi pembelajaran menggunakan penilaian berbasis kelas. Hal ini sesuai dengan tuntutan pelaksanaan Kurikulum 2013.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

attadbir

Publisher

Subject

Religion Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Other

Description

Jurnal Attadbir (JAT) invites academics, lecturers, researchers and students to publish their research results within the scope on religious studies in the form of research results, conceptual ideas, literature study, and practical ...