Jurnal At-Tadbir : Media Hukum dan Pendidikan
Vol 31 No 2 (2021): Jurnal At-Tadbir: Media Hukum dan Pendidikan Volume 31 Nomor 1 Tahun 2021

Bagaimana Pembelajaran Daring ditinjau dari Perspektif Merdeka Belajar pada Masa Covid 19: Berdasarkan Pendekatan Sistem

Johar Permana (Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung)
Liah Siti Syarifah (STAI Syamsul 'Ulum Gunungpuyuh Sukabumi)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2021

Abstract

Pembelajaran daring menjadi pilihan satuan pendidikan dalam melangsungkan proses belajar-mengajar di masa pandemi Covid 19. Terlepas dari terjadinya wabah tersebut, tipe pembelajaran yang didasarkan pada teori belajar konstruktivistik ini sangat relevan dengan kebijakan merdeka belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan gambaran pelaksanaan pembelajaran daring pada masa Covid 19 berdasarkan pendekatan sistem. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan. Pengumpulan informasi serta datanya menggunakan berbagai macam bahan dan materi yang ada di perpustakaan, yaitu berupa buku, jurnal, dokumen, berita, serta sumber yang memiliki relevansi lainnya. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah content analysis dengan pendekatan dari teori sistem. Berdasarkan kajian ditemukan skema berupa alur proses pembelajaran daring dari input, proses dan output. Maka dapat disimpulkan bahwa pemetaan pembelajaran daring melalui pendekatan sistem telah memberikan gambaran umum untuk pelaksanaan pembelajaran sehingga diharapkan menjadi bekal pengetahuan untuk para pendidik dalam melaksanakan pembelajaran daring di sekolah secara efektif terutama pada masa pandemi seperti yang sedang terjadi saat ini.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

attadbir

Publisher

Subject

Religion Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Other

Description

Jurnal Attadbir (JAT) invites academics, lecturers, researchers and students to publish their research results within the scope on religious studies in the form of research results, conceptual ideas, literature study, and practical ...