Jurnal Didactical Mathematics
Vol 2, No 3 (2020)

Upaya Meningkatkan Pembelajaran Matematika melalui PJBL Variasi Group Resume dengan Media Permainan BuHaRun Pada Siswa Kelas IVA SD Negeri Tunas Harapan Losarang Indramayu.

Wiwin Winarsih (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Oct 2020

Abstract

Berdasarkan observasi dan refleksi peneliti di kelas IVA SD Negeri Tunas Harapan Losarang Indramayu.  menunjukkan bahwa siswa kurang memiliki kemampuan dalam pembelajaran dan menghasilkan suatu karya dalam pembelajaran, dan guru belum menggunakan media pembelajaran yang menarik siswa. Hal ini berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Maka dari itu dilakukan perbaikan dengan menerapkan model PJBL Variasi Group Resume dengan Media Permainan untuk meningkatkan  kualitas  pembelajaran  matematika.  Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) keterampilan guru pada siklus I dan II memperoleh skor 32 (baik) dan 39,5 (sangat baik); (2) aktivitas siswa pada siklus I dan II memperoleh skor 17,16 (baik) dan  24,96 (sangat baik); (3) iklim pembelajaran pada siklus  I dan  II memperoleh  skor 12 (sangat baik)  dan 13 (sangat baik); (4) kualitas materi pembelajaran pada siklus I dan II memperoleh skor 5,5 (baik) dan 6 (sangat baik); (5) kualitas media pembelajaran pada siklus I dan II memperoleh skor 14 (sangat baik) dan 14,5 (sangat baik); (6) hasil belajar siswa pada siklus I dan II memperoleh persentase ketuntasan klasikal sebesar 70% dan 81,8%.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

dm

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Mathematics Other

Description

The scope of scientific articles that can be published in Jurnal Didactical Mathematics are as follows: Mathematics Education and Teaching, Method / Model / Strategy for Learning Mathematics, Media and Multimedia Learning Mathematics, Curriculum in Mathematics Teaching, Assessment and Evaluation in ...