Awal tahun 2020 Indonesia digemparkan dengan penyebaran masif virus Covid-19 yang membuat sektor industri mengalami penurunan, baik industri besar maupun Usaha Mikro, kecil, menengah termasuk pengrajin mebel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Pengembangan Pengrajin Mebel di Masa Pandemi Covid-19. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, informan dipilih menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 5 orang. Metode pengambilan data menggunakan teknik wawancara mendalam dan observasi lapangan. Analisis data menggunakan analisis SWOT untuk mengevaluasi kekuatan (strenghts), kelemahan (waekness), peluang (opporunities), ancaman (threats). Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi kompetitif yang dapat digunakan guna memaksimalkan kekuatan (strenghts) dan peluang (opportunities) serta meminimalkan kelemahan (weaknesses) dan ancaman (threats) yang ada dalam usaha pengrajin mebel di kabupaten Ponorogo yakni strategi pengembangan pasar, pengembangan produk, dan pengembangan inovasi. Meliputi meningkatkan dan menjaga komunikasi baik dengan jaringan maupun konsumen, menjalin kerja sama dengan jaringan baru, serta meningkatkkan kualitas dan inovasi guna menjaga loyalitas dan menarik pelanggan baru.Kata kunci :
Copyrights © 2020