DIKEMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)
Vol 5, No 1 (2021)

Program Parenting Menghadapi Tantangan Revolusi Industri 4.0 (Bagi Orang Tua Santri TPQ Nurul Ahsani dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Keluarga)

Maaliah, Eda (Unknown)
Prihatinta, Triana (Unknown)
Winarno, Basuki (Unknown)
Susanto, Fredy (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 May 2021

Abstract

Kegiatan Pengabdian ini dilaksanakan dengan memberikan bekal pengetahuan tentang parenting menghadapi tantangan RI 4.0. Program parenting ini bertujuan untuk memberikan solusi bagi permasalahan yang dihadapi orang tua santri TPQ Nurul Ahsani Desa Wonojoyo, Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri, yaitu pengetahuan parenting terkait dengan komunikasi, teknologi, kedisiplinan dan manajemen waktu, serta pola asuh anak dalam berbagai faktor dalam menghadapi tantangan revolusi industri 4.0. Hal ini semua demi terwujudnya kualitas pendidikan keluarga yang diharapkan meningkat. Kegiatan Pengabdian ini dilaksanakan dalam bentuk penyuluhan atau pendampingan dengan menggunakan metode ceramah, diskusi, dan simulasi. Hasil dari kegiatan ini bisa dilihat dari hasil sebelum dan sesudah pre test dan post test materi juga dari hasil simulasi materi parenting yang diberikan serta antusias para orangtua santri dalam mengikuti kegiatan. Ke depannya, perlu diadakan penyuluhan dan pendampingan serta monitoring lebih lanjut dari tim PkM agar bisa lebih konkrit hasilnya pada pola asuh para orangtua santri TPQ dalam menghadapi tantangan revolusi industri 4.0.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

dikemas

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

DIKEMAS (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat), with registered number ISSN 2581-1932 (online) is a scientific multidisciplinary journal published by Politeknik Negeri Madiun. It is at the national level that covers a lot of common problems or issues related to community services. The aim of this ...