Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Finansial Indonesia
Vol 4 No 2 (2021): Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Finansial Indonesia

CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY SEBAGAI PEMODERASI PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP TAX AGGRESSIVENESS (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2015-2019)

Dewi Kusuma Wardani (Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)
Anita Primastiwi (Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)
Elsa Ayu Agustin (Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan terhadap tax aggressiveness dengan moderasi corporate social responsibility. Penelitian ini bersifat data kuatitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2015-2019. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh 178 data laporan keuangan tahunan. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari www.idx.co.id. Penelitian ini menggunakan analisis regresi sederhana dan moderated regression analysis. Hasil regresi penelitian menemukan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap tax aggressiveness dengan nilai signifikansi 0,171 dan nilai t -0,002 dan adanya Corporate social responsibility mampu memperkuat pengaruh positif ukuran perusahaan terhadap tax aggressiveness dengan nilai signifikansi 0,011 dan nilai t 0,058.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jiafi

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Penerbitan Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Finansial Indonesia setiap enam bulan sekali pada bulan April dan Oktober setiap tahunnya, dan Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Finansial Indonesia memberikan peluang kepada civitas akademika maupun praktisi untuk mempublikasikan hasil-hasil penelitian, kajian, ...