Tujuan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan media audio visual tiga dimensi untuk pengenalan rambu lalu lintas pada anak usia 5-6 tahun yang valid. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, dengan model pengembangan procedural dalam model rancangan pembelajaran Borg dan Gall menurut (Sugiyono, 2013). Pada penelitian ini, peneliti hanya melakukan 5 tahap yaitu mengetahui masalah atau potensi, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, revisi produk. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Angket digunakan saat melakukan validasi dari akademisi sebagai ahli media dan ahli materi, kemudian validasi dari praktisi dilakukan oleh guru TK yang telah bersertifikasi. Rata- rata penilaian validator ahli materi sebesar 71,4 % dengan tingkat kelayakan layak, kemudian rata-rata penilaian ahli media sebesar 83% dengan tingkat kelayakan sangat layak dan kemudian hasil rata rata penilaian ahli pendidik sebesar 81,94% dengan tingkat kelayakan sangat layak.
Copyrights © 2020