Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 4 No. 1 (2021): Volume 4 Nomor 1 Tahun 2021

MERAJUT SEBAGAI KEGIATAN BARU UNTUK TERAPI MENGURANGI KECEMASAN SELAMA MASA PANDEMI COVID

Dewi Rahmawaty (Sekolah Tinggi Desain Intersudi)
Nadiroh Nadiroh (Universitas Negeri Jakarta)
Achmad Husen (Universitas Negeri Jakarta)
Agung Purwanto (Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2021

Abstract

Pandemi covid yang melanda dunia sejak 2019 dan mengakibatkan banyak wilayah memutuskan lockdown untuk mengurangi penyebaran virus serta memaksa masyarakat dunia untuk beradaptasi dengan kebiasaan baru terutama melakukan berbagai aktifitas dari rumah. Sesaat setelah pandemi mereda menjadi kehidupan baru atau dikenal new normal, dikutip dari media Indonesia tanggal 12 Oktober 2020 bahwa kasus gangguan jiwa di Indonesia meningkat selama Pandemi terjadi, banyaknya pemutusan hubungan kerja menjadi salah satu penyebab peningkatan kasus tersebut. Para ibu dengan keadaan suami yang ter PHK meningkat cemasnya dari sebelumnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk menggambarkan kecemasan juga untuk melihat penurunan kecemasan dengan terapi merajut pada ibu dengan suami terdampak PHK karena Pandemi Covid. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan metode purposive sampling, Pemberian terapi merajut dapat mengurangi kecemasan pada Siswa siswi SMK dengan menunjukan perubahan tingkat kecemasan sebelum dan sesudah kegiatan. Tingkat keberhasilan dari kegiatan merajut juga dipengaruhi oleh adanya kesadaran pada masing masing subyek untuk konsisten menjalankan aktivitas terapi.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...