Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 3 No. 1 (2020): Volume 3 Nomor 1 Juni 2020

MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN WINDOW SHOPPING DI TK IBNU SINA KOTA PEKANBARU

Nofita Nofita (Pendidikan Guru PAUD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau)
Zulkifli Zulkifli (Pendidikan Guru PAUD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau)
Rita Kurnia (Pendidikan Guru PAUD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berbicara anak usia 4-5 tahun di TK Ibnu Sina Kota Pekanbaru. Metode penelitian ini penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini berjumlah 13 anak usia 4-5 tahun di TK Ibnu Sina Kota Pekanbaru. Hasil penelitian ini adalah secara umum kemampuan berbicara anak usia 4-5 tahun di TK Ibnu Sina termasuk kategori rendah. Artinya,kemampuan berbicara anak-anak di TK Ibnu Sina masih ada yang kurang jelas dananak juga memilikikepercayaan diri yang kurang saat disuruh kedepan.Penerapan model pembelajaran window shopping ini menggunakan media-media yang membuat anak tertarik dalam kemampuan berbicara seperti maket kelompok tentang rekreasi, presentasi hasil karya kelompok, bercerita tentang hasil karya didepan kelas.Kemampuan berbicara anak sangat dapat ditingkatkan dengan model pembelajaran window shopping ini termasuk pembelajaran yang baru bagi anak dan memiliki tingkatan yang baik setiap siklusnyaDalam pengujian hipotesis dapat dilihat peningkatannya yang diperoleh dari setiap siklusnya. Dimana peningkatan kemampuan berbicara yang diperoleh dari sebelum dilakukan tindakan ke siklus 1 sangat meningkat sebesar 55,81% sedangkat peningkatan kemampuan berbicara dari siklus I ke siklus II sebesar 40.06% dan secara keselurahan peningkatan kemampuan berbicara anak dari data awal ke siklus II sebesar 82.41%.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...