Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 3 No. 2 (2020): Volume 3 Nomor 2 Desember 2020

ANALISIS PELANGGARAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA DI SD PAHLAWAN

Rajeni Sendayu (Program Studi PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)
Masrul Masrul (Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, FIP, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)
Yanti Yandri Kusuma (Program Studi PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pahlwan Tuanku Tambusai)



Article Info

Publish Date
04 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelanggaran-pelanggaran kedisiplinan belajar pada siswa sekolah dasar Pahlawan. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian yaitu siswa-siswa sekolah dasar kelas IV. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedisiplinan belajar siswa kelas IV sekolah dasar Pahlawan masih kurang. Hal ini terlihat dari banyaknya pelanggaan yang terjadi. Banyaknya pelanggaran yang dilakukan siswa terjadi karena beberapa faktor seperti faktor internal yang berasal dari diri siswa dan faktor eksternal yang berasal dari lingkungan luar. Guru harus melakukan upaya-upaya untuk menanamkan kedisiplinan belajar kepada siswa seperti melakukan pendekatan secara langsung kepada siswa dengan cara bertanya, melakukan tindakan korektif terhadap peraturan dan konsekuensi apabila melanggar aturan yang dibuat, dan melakukan tindakan penyuluhan serta memberikan solusi terhadap kesulitan yang dirasakan siswa.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a national, multidisciplinary, peer-reviewed, open access journal that promotes the publication of scientific articles in all fields of basic education. As a multidisciplinary journal, the Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) recognizes ...