Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 3 No. 2 (2020): Volume 3 Nomor 2 Desember 2020

PERBEDAAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK USIA 4-5 TAHUN YANG DIASUH OLEH ORANG TUA KANDUNG DENGAN ANAK YANG DIASUH OLEH SELAIN ORANG TUA KANDUNG DI KOTA BUKITTINGGI

Faras Mentari (Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau)
Daviq Chairilsyah (Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau)
Zulkifli Zulkifli (Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
03 Dec 2020

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah dikota Bukittinggi yang memiliki 23.416 keluarga (data dari bukittinggikota.go.id) masih banyak orang tua yang mengalihkan pengasuhan terhadap anak kepada orang lain seperti saudara, nenek, kakek, dan sebagainya dikarenakan beberapa faktor seperti faktor ekonomi yang mengharuskan orang tua anak bekerja diluar rumah seharian. Teknik pengambilan sampel yaitu simple random Sampling dan pengumpulan data menggunakan kuesioner/angket. Berdasarkan analisis pengolahan data hasil kemampuan bahasa anak usia 4-5 Tahun yang diasuh oleh orang tua kandung di Kota Bukittinggi diperoleh jumlah nilai 466 dengan rata-rata persentase 77,67% berada pada kriteria berkembang sangat baik (BSB). Dan hasil kemampuan bahasa anak usia 4-5 Tahun yang diasuh oleh selain orang tua kandung di Kota Bukittinggi diperoleh jumlah nilai 448 dengan rata-rata persentase 74,67% berda pada kriteria berkembang sesuai harapan (BSH). Berdasarkan hasil hipotesis dapat diketahui bahwa kemampuan bahasa anak usia 4-5 tahun yang diasuh oleh orang tua kandung lebih baik dibandingkan anak yang diasuh oleh selain orang tua kandung di Kota Bukittinggi.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...