PROFESSIONAL HEALTH JOURNAL
Vol 2 No 2 (2021)

Hubungan Komunikasi Terapeutik Non Verbal Senyum Perawat Dengan Kepuasan Pasien

Heri suharyono (STIKES MAHARANI)
Lilla Maria (STIKes Maharani Malang , Indonesia)
Feriana Ira (STIKes Maharani Malang , Indonesia)



Article Info

Publish Date
08 Jun 2021

Abstract

Senyum komunikasi terapeutik non-verbal merupakan komponen yang sangat penting dalam perawatan pasien yang mengandung unsur perhatian dan kasih sayang. Ini memberi dampak kenyamanan dan kepuasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manfaat senyum pada tingkat kepuasan pasien yang menerima asuhan keperawatan. Desain penelitian yang digunakan adalah analitik kuantitatif dengan pendekatan Cross Sectional. Sejumlah responden adalah 18 perawat dan 54 pasien. Dari hasil uji statistik uji Spearman, diperoleh P = 0,002. Karena nilai P <0,05 maka, HI diterima, dengan r = 0,504 dan memiliki arah positif. Disimpulkan bahwa ada korelasi yang signifikan antara variabel dengan kekuatan sedang. Semakin baik senyum perawat, semakin tinggi tingkat kepuasan pasien. Dapat diketahui bahwa seorang perawat yang kurang tersenyum adalah 50% dan tingkat kepuasan pasien adalah 92,6%. Ini memiliki kategori yang cukup. Untuk penelitian lebih lanjut, manfaat senyum untuk kepuasan pasien secara kualitatif perlu diperiksa lebih dalam dan luas. Kata kunci: Komunikasi Terapeutik Perawat Tersenyum, Kepuasan Pasien.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

PHJ

Publisher

Subject

Medicine & Pharmacology Nursing

Description

Professional health journal is an open access journal with a wide range (Scope) of fields of nursing including basic research in nursing, management nursing, emergencies, and critical nursing, medical-surgical nursing, mental health nursing, maternity nursing, maternity nursing, child nursing, ...