JIMF (JURNAL ILMIAH MANAJEMEN FORKAMMA)
Vol 4, No 3 (2021): JIMF (JURNAL ILMIAH MANAJEMEN FORKAMMA)

Analisis Strategi Pemasaran Pada Perguruan Tinggi Swasta Di Kota Mataram (Studi Kasus Pada Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMM)

I Made Suardana (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMM)
Baiq Desthania Prathama (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMM)



Article Info

Publish Date
02 Jul 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran pada Perguruan Tinggi Swasta di Kota Mataram” (Studi Kasus pada Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMM). Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Data dikumpulkan dengan melihat catatan atau dokumen-dokumen yang berkaitan dengan tujuan penelitian ini (teknik dokumentasi) dan teknik wawancara secara mendalam yang bersumber dari informan kunci yang dipandang mengetahui secara mendalam terhadap permasalahan penelitian ini.  Data yang berhasil dikumpulkan, dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif : (SWOT, EFAS - IFAS serta grand strategy) dan analisis kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi level korporasi yang diterapkan oleh STIE AMM berdasarkan analisis yang telah dilakukan adalah strategi diversifikasi, dengan memperbanyak produk pelayanan pendidikan  yang tidak berbeda dengan produk utamanya. Strategi level fungsional untuk mendukung diversifikasi yaitu: strategi positioning product, diversifikasi produk, strategi penetration pricing, promosi yang dapat membentuk image konsumen potensial dan bersifat periodik, produk pelayanan pendidikan sedekat mungkin dengan konsumen, dan strategi harga yang dapat bersaing serta pemberian potongan bagi mahasiswa berprestasi, serta personal traits yang aspiratif.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

FRKM

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance

Description

JIMF (Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma) Ini ditujukan untuk Masyarakat Umum, Peneliti dan Dosen Manajemen khususnya Forum Komunikasi Keluarga Besar Alumni Magister Manajemen Universitas Pamulang (FORKAMMA UNPAM) Khusus Peneliti Ilmu Manajemen dan Ekonomi dengan ISSN No. 2598-9545 (cetak) dan ...