Ensiklopedia Education Review
Vol 1, No 3 (2019): Volume 1 No.3 Desember 2019

PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK DRILL KELAS IUPT SDN 07 SUNGAI DUO KECAMATAN SUNGAI PAGU KABUPATEN SOLOK SELATAN

Armila, Armila (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Feb 2021

Abstract

Maju mundurnya suatu bangsa ditentukan oleh kualitas bangsa itu sendiri. Untuk memperlancar proses pendidikan diperlukan suatu wadah atau lembaga yang disebut sekolah. Secara sistematis telah merencanakan bermacam lingkungan, yakni lingkungan pendidikan yang menyediakan bermacam kesempatan bagi siswa untuk melakukan berbagai kegiatan belajar sehingga siswa memperoleh pengalaman pendidikan. Dengan demikian, mendorong pertumbuhan dan perkembangannya kearah suatu tujuan yang dicita-citakan dalam pendidikan. Dalam proses kegiatan belajar mengajar diperlukan suatu keahlian atau keterampilan pengelolaan kelas yang harus dimiliki oleh seorang guru dalam menyampaikan materi pelajaran karena setiap siswa memiliki kemampuan dan taraf bernalar yang berbeda-beda. Untuk itu, seorang guru harus dapat memiliki pendekatan dan metode pembelajaran yang tepat agar siswa mampu memahami materi pelajaran yang diajarkan. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ( PTK ) ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peningkatan prestasi belajar Matematika denganmenerapkan teknik drill padasiswakelas I UPT SDN 07 Sungai Duo Kecamatan Pauh Duo Kabupaten Solok Selatan. Dalam penelitian tindakan kelas ( PTK ) ini dilakukan dalam 3 siklus, dari hasil tindakan yang dilakukan terbukti dapat meningkatkan prestasibelajar siswa dengan mencapai standar ideal. Dari 60,09 % pada siklus I, dapat meningkat menjadi 70,09 % pada siklus II, dan siklus ke III 80,09 %. Hasil penelitian tindakan ini menunjukkan bahwa penerapan Teknik Drilldapat meningkatkan prestasi belajar siswa dengan ketuntasan mencapai 100 %.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

education

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal yang menerbitkan artikel di bidang ilmu pendidikan di Indonesiam baik dalam bahasa Indonesia ataupn bahasa PBB. Jurnal terbit selama 3 kali dalam satu tahun, yaitu di Bulan April, Agustus, Desember. ...