Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen mutu layanan yang bisa dilakukan untuk meningkatkan layanan pendidikan di SMK Muhammadiyah I Wonosari Gunungkidul dilihat dari prencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evalusinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian ini merupakan Guru yang mengajar di SMK Muhammadiyah I Wonosari. Metodologi penelitian menggunakan pendekatan deskriptif analititif. Pengumpulan data dengan menggunakan teknik interview, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini berkaitan dengan kualitas pelayanan pendidikan dan menguatkan teori tentang manajemen yaitu dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evalusi di SMK Muhammadiyah I Wonosari sudah melaksanakan prinsip manajemen tersebut dengan baik. Dalam Perencanaan Manajemen Mutu Pelayanan Pendidikan di SMK Muhammadiyah 1 Wonosari dilakukan di awal tahun dengan berpedoman pada EDS dan standar SPMI (Sistem Penjaminan Mutu Internal). Dengan pengorganisasian SDM yang terlibat meliputi: Kepala Sekolah, Semua Wakil Kepala, Sekolah, WMM/wakil manajemen mutu, Ketua program studi semua juruan. Peran warga sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan, anggaran dan sarana prasarana Kata kunci : mutu, manajemen mutu, mutu pelayanan pendidikan
Copyrights © 2021