JPG: JURNAL PENELITIAN GURU
Vol. 3 No. 02 (2020): JURNAL PENELITIAN GURU (JPG)

MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MEMAHAMI MATERI HAK DAN KEWAJIBAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY

Yoyoh Sutianah (SD Negeri Darmaga II Kasomalang Subang)



Article Info

Publish Date
23 Oct 2020

Abstract

Prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri Darmaga II dalam materi Hak dan Kewajiban ternyata jauh dari yang diharapkan. Dari hasil ulangan harian pada materi yang telah dipelajari sebelumnya tersebut masih rendah, ternyata hanya 7 siswa (28,57%) dari 28 siswa yang dinyatakan lulus, dan 20 siswa lainnya (71,43%) dinyatakan belum lulus KKM sekolah sebesar 70, karena siswa belum bisa memanfaatkan hak dan melaksanakan kewajibannya dengan baik dan benar. Rumusan permasalahan pada penelitian ini adalah kemampuan siswa kelas V dalam memahami materi hak dan kewajiban masih rendah. Dengan demikian : “Bagaimanakah penerapan model pembelajaran two stay two stray dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas V SD Negeri Darmaga II semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019 dalam memahami materi hak dan kewajiban?”. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas V SD Negeri Darmaga II semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019 dalam memahami materi hak dan kewajiban melalui penerapan model pembelajaran two stay two stray. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan siswa dalam memahami materi hak dan kewajiban dapat dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran two stay two stray. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan hasil post test siswa dari siklus 1 ke siklus 2. Hasil post test siswa pada siklus 1 mencapai nilai rata-rata sebesar 69,64 pada kategori cukup dengan prosentase kelulusan 42,86% dan pada siklus 2 meningkat menjadi 83,21 pada kategori baik dengan tingkat prosentase kelulusan 92,85%. Jadi nilai post test siswa mengalami peningkatan sebesar 9,64.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JPG

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Penelitian Guru merupakan jurnal di bawah naungan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Subang. Jurnal ini mempublikasikan naskah-naskah artikel ilmiah dalam semua bidang ilmu pendidikan. Jurnal ini difokuskan untuk mewadahi publikasi ilmiah dari hasil penelitian guru baik pada ...