Jurnal Syntax Fusion : Jurnal Nasional Indonesia
Vol 1 No 1 (2021): Jurnal Syntax Fusion : Jurnal Nasional Indonesia

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS EDITORIAL DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE THINK-TALK-WRITE (TTW)

Ismail Kusmayadi (SMAN 1 Banjaran Kab. Bandung)



Article Info

Publish Date
28 Oct 2020

Abstract

Penelitian ini berdasarkan dari latar belakang keterampilan merancang atau mengorganisasikan isi secara sistematis, dan model pembelajaran dengan proses penulisan tidak berorientasi terhadap peserta didik. Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk meningkatkan kompetensi peserta didik menulis teks editorial. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan kepada sebuah pembelajaran model kooperatif tipe “think-talk-write” yang menjadi sebuah alternative untuk meningkatkan suatu peningkatan dalam bentuk intensitas keterampilan dan keterlibatan siswa secara efektif pada keterampilan menulis dengan teks editorial serta dalam berfikir kritis untuk melatih atas permasalahan yang akan terjadi di sekitarnya . Berdasarkan tindakan yang dilakukan pada siklus I, II, dan III terjadi peningkatan ketuntasan belajar. Pada siklus I, ketuntasan belajar mencapai 69,6%. Kemudian, mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 84,78% serta pada siklus I menjadi 93,47%. Dengan demikian, keberhasilan menulis teks editorial dan berpikir kritis peserta didik tidak terlepas dari kemampuan guru mengembangkan model pembelajaran kooperatif berorientasi terhadap siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

fusion

Publisher

Subject

Education Engineering Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Syntax Fusion. Jurnal Berbagai Rumpun Ilmu, adalah jurnal yang diterbitkan sebulan sekali oleh CV. Syntax Corporation Indonesia. Jurnal Syntax Fusion akan menerbitkan artikel-artikel ilmiah dalam cangkupan semua rumpun ilmu. Artikel yang dimuat adalah artikel hasil penelitian, kajian atau telaah ...