Bantenese Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol. 2 No. 2 (2020): Juli-Desember 2020

Peningkatan Pengetahuan Pembuatan Game dalam Rangka Pengenalan Industri Kreatif pada Siswa di Madrasah Aliyah An-Nur Samarinda

Siti Qomariah (STMIK Widya Cipta Dharma)
Andi Yusika Rangan (STMIK Widya Cipta Dharma)
Amelia Yusnita (STMIK Widya Cipta Dharma)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2020

Abstract

Game merupakan industri yang sangat besar saat ini.Menurut data asosiasi IP development, Cipta Kreasi (CAKRA) pasar game Indonesia pada 2018 lalu mencapai US$1,13 miliar atau setara Rp 16 triliun (asumsi Rp 14.000/US$). Sayang game buatan lokal hanya menguasai 0,2%. Sisanya dikuasai game buatan luar negeri. pemerinta harus fokus untuk mendorong produksi game nasional menjadi sektor unggulan untuk membantu perekonomian nasional. Untuk meningkatkan industri kreatif bidang game maka diperlukan kegiatana pengabdian masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan guru dan siswa dalam membuat game dengan berbagai software yang ada melalui pelatihan. software yang digunakan untuk pembuatan adalah software construk 2.0 tahapan yang dilakuakan dalam pelatihan ini adalah pre test, pemberian materi pelatihan,praktik pembuatan game, post test dan pemantauan hasil. kegiatan program pengabidan masyarakat untuk peningkatan pengetahuan pembuatan game dalam rangka penegenalan industrikreatif dengan cara pelatihan dapat mewujudkan wirausaha baru di bidang industri kreatif.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

PS2PM

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

Jurnal Bantenese adalah Publikasi ilmiah dibidang Pengabdian Masyarakat yang diterbitkan oleh Pusat Studi Sosial dan Pengabdian Masyarakat (PS2PM) Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik dan Ilmu Hukum Universitas Serang Raya (Unsera) dengan nomor e-ISSN 26561840 yang mencakup : Pemberdayaan Masyarakat, ...