PROPAGANDA
Vol 1 No 1 (2021): PROPAGANDA: Jurnal Ilmu Komunikasi

Analisis Framing Berita Terpilihnya Prabowo Subianto sebagai Menteri Pertahanan pada Masa Kabinet Kerja Presiden Jokowi Periode 2019-2024 : cnnindonesia.com dan tempo.co Edisi 22–24 Oktober 2019

Miftah I. Pratama (Universitas Budi Luhur)
Jeanie Annissa (Universitas Budi Luhur)



Article Info

Publish Date
15 Jan 2021

Abstract

Kajian ini membahas tentang analisis framing media online (cnnindonesia.com dan tempo.co) terkait isu pemberitaan terpilihnya Prabowo sebagai Menteri Pertahanan pada masa kabinet Presiden Jokowi periode 2019-2024. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui konstruksi pemberitaan Pilkada Prabowo sebagai Menteri Pertahanan pada masa kabinet Presiden Jokowi periode 2019-2024 di media online cnnindonesia.com dan tempo.co edisi 22-24 Oktober 2019. Penelitian ini menggunakan framing model theory oleh Robert N. Entman, dengan penggunaan paradigma penelitian konstruktivisme, didukung dengan penggunaan metode penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa baik media online cnnindonesia.com maupun tempo.co mengonstruksikan isu ke dalam ranah politik. Cnnindonesia.com mengonstruksikan berita yang lebih terarah kepada pembaca bahwa keputusan Jokowi mengundang Prabowo adalah hal yang baik, hal ini didukung oleh penggunaan sumber-sumber dari latar belakang politik yang menyatakan dukungannya terhadap keputusan Jokowi untuk merangkul Prabowo masuk kabinet sebagai Menteri Pertahanan. Sedangkan tempo.co mengonstruksi pemberitaan yang lebih mengarahkan pembaca bahwa keputusan Jokowi mengundang Prabowo adalah sebuah kesalahan dan sesuatu yang dianggap janggal, mengingat betapa panasnya persaingan di antara mereka di Pilpres 2019 silam.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

propaganda

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

PROPAGANDA is a Journal of Communication Studies which is publish twice a year on January and July. PROPAGANDA is a scientific publication media in the form of conceptual paper and field research related to communication studies. It is hoped that PROPAGANDA can become a media for academics and ...