Thinking Skills and Creativity Journal
Vol 4, No 2 (2021): October

Higher Order Thinking Skills (Hots) Instrument Based on Tri Hita Karana on Theme “The Beauty of Diversity in My Country

Sariarta, I Wayan (Unknown)
Rati, Ni Wayan (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Aug 2021

Abstract

Rendahnya pemahaman guru terhadap instrumen HOTS sehingga rendahnya kemampuan siswa dalam memecahkan masalah. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan instrumen HOTS berbasis Tri Hita Karana pada Tema 7 (Indahnya Keberagaman di Negeriku) kelas IV SD yang valid secara isi, valid secara butir, reliabel, baik dilihat dari aspek daya beda, dan baik dilihat dari aspek tingkat kesukaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan berpedoman pada prosedur model Borg dan Gall. Model Borg and Gall dengan enam tahapan yaitu penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba lapangan awal (terbatas), revisi hasil uji lapangan terbatas, dan diseminasi dan implementasi. Instrumen HOTS berbasis Tri Hita Karana berupa tes dengan bentuk pilihan ganda. Subjek dalam penelitian ini adalah 5 pakar ahli instrumen. Sedangkan objek dalam penelitian ini yaitu kualitas butir soal. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini yaitu data mengenai instrumen kemampuan HOTS. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah metode tes. Data dianalisis dengan menggunakan uji analisis validitas isi, uji validitas butir, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran dan uji daya beda. Hasil uji validitas isi yang diuji oleh lima pakar instrumen HOTS dinyatakan relevan, rata-rata hasil uji validitas butir instrumen di tiga sekolah dinyatakan valid, rata-rata hasil uji reliabilitas instrumen sebesar 0,931 yang berada pada kriteria sangat tinggi, hasil rata-rata skor tingkat kesukaran butir soal sebesar 0,545 yang berada pada kategori sedang, hasil rata-rata uji daya beda sebesar 0,5 yang berada pada kriteria daya beda baik. Sehingga instrumen HOTS berbasis Tri Hita Karana pada tema 7 (Indahnya Keberagamaan di Negeriku) layak digunakan untuk mengukur kemampuan HOTS siswa dalam memecahkan masalah.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

TSCJ

Publisher

Subject

Education

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Chemistry ...