Journal of Information Systems and Informatics
Vol 3 No 1 (2021): Journal of Information Systems and Informatics

Perencanaan Strategis Sistem Informasi Dengan Metode Ward and Peppard Pada Perusahaan Ekpedisi (Studi Kasus: TIKI Cabang Kota Salatiga)

Eka Ananta Supriyanto (Universitas Kristen Satya Wacana)
Augie David Manuputty (Universitas Kristen Satya Wacana)



Article Info

Publish Date
02 Mar 2021

Abstract

Citra Van Titipan Kilat (TIKI) merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa pengiriman barang. Dikarenakan semakin berkembangnya SI/TI, kemudian ditambah juga meningkatnya persaingan dengan munculnya perusahaan jasa pengiriman baru mengharuskan TIKI untuk mampu bersaing dengan meningkatkan kualitas pelayanan dan kinerjanya. Maka dilakukanlah penelitian ini dengan tujuan untuk menyelaraskan antara Teknologi Informasi dengan proses bisnis yang berjalan sesuai dengan visi dan misi yang telah ditetapkan. Pada penelitian ini data diperoleh berdasarkan hasil wawancara langsung dengan narasumber yaitu Kepala Cabang dari TIKI Salatiga. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode Ward and Peppard Dimana di dalamnya mencakup analisis SWOT, Value Chain, PEST Analysis, serta pemetakan dari aplikasi-aplikasi dengan menggunakan Mc Farlan Strategic Grid serta analisis untuk memberikan Usulan Sistem Informasi. Hasil dari penelitian ini yaitu berupa sebuah rekomendasi portofolio aplikasi yang berisi aplikasi apa yang perlu dikembangkan serta penambahan aplikasi baru yang terintegrasi satu sama lain sehingga diharapkan akan menambah keunggulan kompetitif bagi perusahaan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

isi

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Journal-ISI is a scientific article journal that is the result of ideas, great and original thoughts about the latest research and technological developments covering the fields of information systems, information technology, informatics engineering, and computer science, and industrial engineering ...