Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP melalui Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) pada materi sistem persamaan linier dua variabel. Peningkatan ditinjau berdasarkan kemampuan peserta didik menjawab pertanyaan yang telah disusun berdasarkan aspek kemampuan berpikir kreatif. Metode penelitian menggunakan rancangan penelitian kuantitatif dengan memberikan soal pretest dan postest. Sample penelitian melibatkan 82 peserta didik kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Al-Kamil, terdiri dari satu kelas eskperimen dan satu kelas control yang dipilih secara acak. Instrumen penelitian menggunakan soal berbentuk esai sebanyak 4 butir pertanyaan untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif matematis. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini berupa uji normalitas, homogenitas, dan uji normalized gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan PMR dinilai kurang efektif sehingga peningkatan yang terjadi pun sangat rendah.
Copyrights © 2021