Educatif: Journal of Education Research
Vol 4 No 2 (2022): April

Upaya Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Menggunakan Model Discovery Learning di SDN 2 Talun

Tyas Nurfitriana (Universitas Negeri Yogyakarta, SDN 2 Talun)
Agustina Tri Wijayanti (Universitas Negeri Yogyakarta)
Sri Umi Mardiyah (SDN Keputran 2 Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
19 Jul 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajar siswa dengan menggunakan model Discovery Learning di kelas V SDN 2 Talun. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitian berupa penelitian secara langsung. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah deskripsi kuantitatif. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi atau pengamatan, dan (4) refleksi. Pada siklus I rata-rata keaktifan siswa 63,73% dan pada pelaksanaan siklus II rata-rata keaktifan siswa adalah 76,39% atau meningkat 12,66 dibanding rata-rata keaktifan siswa siklus I. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Discovery Learning dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas V SDN 2 Talun.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

educatif

Publisher

Subject

Education

Description

Educatif is a scientific journal that publishes research articles, case studies, and reviews in education. Educatif is concerned with innovation, creativity, and novelty. Educatif published by PT. Kreasi Teknologi Informatif (KREATIF). Educative published every 3 months ( January, April, July, & ...