Educatif: Journal of Education Research
Vol 4 No 2 (2022): April

Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Menghitung Satuan Ukuran Panjang Muatan Pelajaran Matematika Kelas II di SD Negeri 2 Dibal

Shogi Johan Wahyudi (Universitas Sebelas Maret)
Retno Winarni (Universitas Sebelas Maret)
Yezika Pravangasta Krisviskalia (SD Negeri 2 Dibal)



Article Info

Publish Date
19 Jul 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Menghitung satuan ukuran panjang di SD Negeri 2 Dibal. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas kolaboratif. Subjek penelitian siswa kelas II yang berjumlah 22 peserta didik. Desain penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus setap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara, soal tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitataif dan deskriptif kuantitatif. Indikator keberhasilan ditetapkan berdasarkan jumlah siswa yang mendapatkan nilai diatas KKM yaitu 67 sebanyak 85% atau sebesar 19 dari 22 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan yaitu pada siklus I yang berhasil mendapatkan nilai minimal KKM yaitu sebanyak 11 peserta didik (50%), terjadi peningkatan sebanyak 22 peserta didik (100%) dimana terjadi peningkatan (50%). Nilai rata-rata kelas juga mengalami peningkatan sebesar 62,45 pada siklus I dan terjadi penigkatan sebesar 86,31 pada siklus II.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

educatif

Publisher

Subject

Education

Description

Educatif is a scientific journal that publishes research articles, case studies, and reviews in education. Educatif is concerned with innovation, creativity, and novelty. Educatif published by PT. Kreasi Teknologi Informatif (KREATIF). Educative published every 3 months ( January, April, July, & ...