Educatif: Journal of Education Research
Vol 4 No 2 (2022): April

Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Menggunakan Powerpoint Interaktif di Sekolah Dasar

Rizky Ayudhityasari (Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo, SDN 2 Bolopleret Klaten)
Mukti Widayati (Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo)
Khabibur Rahman (Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo)



Article Info

Publish Date
24 Jul 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV. Pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, observasi, angket dan tes. Validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik analisis data menggunakan model interaktif yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) Motivasi belajar siswa yang berkategori “tinggi” pada siklus I sebesar 55% atau 6 siswa. Pada siklus II menjadi 91% atau 10 siswa. 2) Hasil belajar siswa sebelum tindakan hanya mencapai 28% atau 3 siswa yang tuntas. Setelah tindakan pada siklus I, sebanyak 4 siswa atau sebesar 36% belum mencapai ketuntasan belajar, 7 siswa atau sebesar 64% telah tuntas. Siklus II meningkat menjadi 1 siswa atau sebesar 9% belum tuntas, 10 siswa atau sebesar 91% telah tuntas.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

educatif

Publisher

Subject

Education

Description

Educatif is a scientific journal that publishes research articles, case studies, and reviews in education. Educatif is concerned with innovation, creativity, and novelty. Educatif published by PT. Kreasi Teknologi Informatif (KREATIF). Educative published every 3 months ( January, April, July, & ...