Scholastica : Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan
Vol 2 No 2 (2020): November

Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Ushul Fiqh melalui Perencanaan Sistem Pembelajaran di Madasah Ibtidaiyah (MI)

Masyhadi Masyhadi (IAI Al Khoziny Buduran Sidoarjo)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2020

Abstract

Pelaksanaan Proses pembelajaran berisi tiga tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Perencanaan merupakan kegiatan awal dari suatu proses, perencanaan ini berisi berbagai upaya dalam mempersiapkan apa yang akan dilaksanakan. Agar lebih mengetahui perencanaan system pembelajaran mata pelajaran ushul fiqh di Madrasah Ibtidaiyah (MI) diperlukan beberapa tahapan untuk dapat mencapai hasil yang maksimal. Selain itu, perencanaan juga sangat penting dalam pelaksanaan peningkatan hasil mutu belajar siswa sehingga akan berhubungan dengan hasil belajar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian diskriptitf kualitatif yaitu penelitian tentang data yang dikumpulkan dan dinyatakan dalam bentuk kata-kata dan gambar yang disusun dalam kalimat. Sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis. Hasil dalam penelitian ini dalam perencanaan dapat menolong pencapaian suatu sasaran secara lebih ekonomis, tepat waktu, dan memberi peluang untuk lebih dikontrol dan dimonitor dalam pelaksanaannya khususnya dalam pelaksanaan pembelajaran di MI. Secara garis besar, perencanaan pembelajaran di MI mencakup kegiatan merumuskan tujuan apa yang dicapai oleh suatu kegiatan pembelajaran, cara apa yang digunakan untuk menilai pencapaian tujuan, materi atau bahan apa yang disampaikan. Dengan demikian, dalam perencanaan system pembelajaran ini sebagai bahan, serta media/alat apa yang diperlukan untuk mendukung dan meningkatkan hasil dan proses pembelajaran.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

scholastica

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Mathematics Social Sciences

Description

SCHOLASTICA: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan is a peer-reviewed journal that focuses on critical studies of basic education. Investigated the dynamics of learning of children at the primary level/ Madrasah Ibtidaiyah. Besides focusing on the development of studies issues of basic education. The ...