Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen
Vol 4, No 2 (2020): JURNAL BISNIS DAN KAJIAN STRATEGI MANAJEMEN

PENGARUH KINERJA PETUGAS TERMINAL SERVICE TERHADAP KEPUASAN PENUMPANG

Andi Syaputra (Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan)
Dyas Zuniarti (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2020

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah peningkatan jumlah penumpang dan adanya tuntutan peningkatan pelayanan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui adanya pengaruh kinerja petugas Terminal Service secara positif dan signifikan terhadap kepuasan penumpang penumpang, mengetahui seberapa besar pengaruh kinerja petugas Terminal Service terhadap kepuasan penumpang penumpang di Terminal A Bandar Udara Internasional Adisutjipto Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 18 Agustus 2019 sampai dengan 17 September 2019, di Terminal A Bandar Udara Internasional Adisutjipto Yogyakarta. Penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Data dikumpulkan menggunakan kuisioner. Data dianalisis menggunakan analisis regresi linier sederhana, uji t dan koefisien determinasi R square (R²). Kinerja diukur menggunakan 3 indikator yaitu, etos kerja, disiplin kerja dan motivasi kerja. Berdasarkan hasil penelitian, nilai koefisien regresi pada penelitian ini bernilai positif (+) dan pengujian hipotesis menggunakan Uji t nilai signifikansi 0,000<0,05 dan diketahui nilai t hitung = 8,125 > t tabel = 1.98447, sehingga dapat disimpulkan bahwa nilai t hitung>t tabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti membuktikan bahwa Ada pengaruh yang nyata dan signifikan antara Kinerja Petugas Terminal Service (X) terhadap variabel Kepuasan Penumpang (Y) dan berdasarkan hasil penelitian nilai koefisien determinasi R square (R²), besar pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat adalah sebesar 40,8% sedangkan sisanya yaitu 59,2 % dipengaruhi oleh variabel yang lain. 

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jbkan

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

E-Jurnal Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen [E-ISSN 2657-1544] adalah jurnal ilmiah elektronik yang diterbitkan online enam bulan sekali. E-Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen bertujuan untuk meningkatkan kualitas SDM dan menyalurkan minat berbagi dan penyebaran ilmu pengetahuan ...