Media video merupakan sebuah sarana komunikasi yang isinya dapat dipahami melalui indra penglihatan maupun indra pendengaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat efektifitas media video bermuatan pendidikan lingkungan hidup untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi pemanasan global. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu quasi-experiment, Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dan diperoleh kelas VII F sebagai kelas eksperimen dan kelas VII A sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu RPP, soal tes, dan Lembar validasidan desain penelitian menggunakan pre-test post-test control group design.Hasil penelitian ini diuji menggunakan uji N-Gain Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 14 kota Tegal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat efektivitas media video bermuatan pendidikan lingkungan hidup terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik masuk pada kategori cukup efektif dengan Perolehan N-gain keterampilan berpikir kritis sebesar 56,60%.
Copyrights © 2020