Jurnal Perspektif: Jurnal Kajian Sosiologi dan Pendidikan
Vol 3 No 3 (2020): Jurnal Perspektif: Jurnal Kajian Sosiologi dan Pendidikan, Universitas Negeri Pad

Strategi SMA Negeri 16 Padang dalam Mempertahankan Akreditasi A Khususnya pada Standar Sarana dan Prasarana

Yuni Azmi (Unknown)
Reno Fernandes (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Aug 2020

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai standar sarana dan prasarana di SMAN 16 Padang dibandingkan dengan 16 SMA Negeri lainnya di Kota Padang yang mana sama-sama terakreditasi A. Maka menarik untuk melihat bagaimana strategi SMAN 16 Padang dalam mempertahankan akreditasi A khususnya pada standar sarana dan prasarana. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tipe deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik analisis data Milles dan Huberman dengan cara mengamati, mewawancarai dan dokumentasi. Informan yang diwawancarai dipilih menggunakan teknik Purposive Sampling sesuai dengan tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan apa saja strategi yang dilakukan pihak SMAN 16 Padang untuk mempertahankan akreditasi A khususnya pada standar sarana dan prasarana. Hasil penelitian menunjukan sekolah membentuk tim akreditasi dengan kinerja yang baik khususnya pada standar sarana dan prasarana. Selain itu sekolah juga melengkapi dan melakukan pemeliharaan terhadap sarana dan prasarana yang ada di sekolah. Hasil temuan tersebut dianalisis menggunakan teori Struktural Fungsional oleh Talcott Parsons.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

perspektif

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Perspektif: Jurnal Kajian Sosiologi dan Pendidikan aims to facilitate interaction, discussion and updating of ideas from Students of Education, Sociology and Anthropology in Indonesia. Jurnal Perspektif: Jurnal Kajian Sosiologi dan Pendidikan contains empirical research in the fields of ...