Lentera Dumai (Jurnal Manajemen dan Teknologi Informasi)
Vol 12, No 2 (2021): Mei 2021

APLIKASI PEMBELAJARAN PENGENALAN ANGGOTA TUBUH MANUSIA PADA TK HAYATI

Masrizal, Masrizal (Unknown)
Linarta, Arie (Unknown)
Hidayah, Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jun 2021

Abstract

Penggunaan media pembelajaran interaktif dalam proses belajar-mengajar di sekolah dapat membangkitkan keinginan dan minat yang baru. Di beberapa Taman Kanak-kanak di kota Dumai khususnya pada TK Hayati, cara belajar mengajarnya masih menggunakan cara konvensional yang belum didukung oleh media pembelajaran interaktif, salah satunya mengenai pengenalan organ tubuh manusia. Dengan waktu yang terbatas, dan kurangnya pengulangan pelajaran yang dilakukan oleh orang tua di rumah dapat membuat anak-anak akan cepat lupa dengan pelajaran yang ia dapat. Untuk itulah diperlukan sebuah media pembelajaran interaktif berbasis android, terutama dalam mengenal organ tubuh manusia yang dapat menggabungkan beberapa elemen dalam satu kesatuan, yaitu text, gambar, dan audio. Dengan adanya program tersebut dapat membantu anak-anak untuk mengulang pelajaran kapan saja, dan membantu para orang tua untuk mengajari anak mereka dirumah. Aplikasi pembelajaran interaktif mengenal organ tubuh manusia ini dirancang dengan menggunakan aplikasi Adobe Flash CS6 dan output yang dihasilkan berupa aplikasi media pembelajaran interaktif mengenal organ tubuh manusia yang di dalamnya terdapat gambar organ tubuh dan beberapa permainan mengenai organ tubuh manusia. Kata kunci : Organ Tubuh Manusia, Media Pembelajaran, Adobe Flash.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Path

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Decision Sciences, Operations Research & Management Engineering Industrial & Manufacturing Engineering

Description

Jurnal Online LENTERA DUMAI (Jurnal Manajemen dan Teknologi Informasi) merupakan wadah publikasi bagi peneliti, Dosen, dan Mahasiswa dalam mengembangkan penelitian di bidang kecerdasan buatan, kriptografi, pengolahan citra, data mining, system pendukung keputusan, mobile computing, system operasi, ...