Penelitian kreativitas guru kelas IV B SD Negeri 1 Purbalingga Wetan dalam pembelajaran SBdP dilakukan karena sekolah tersebut menjadi bagian dari program Gerakan Seniman Masuk Sekolah (GSMS) yang dilakukan oleh pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara guru dan tantangan yang ia hadapi saat mengimplementasikan kreativitasnya dalam pembelajaran SBdP.Jenis penelitian ini adalahkualitatif denganpartisipan kepala sekolah, guru kelas IV B, dan 4 peserta didik.Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara.Pengujian keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru kelas IV B merupakan guru kreatif yang mengimpelementasikan kreativitas dalam pemebalajaran SBdP seperti mengekpsos peserta didik dengan cara membantu peserta didik dalam pembelajaran,melibatkan peserta didik dalam segala aktivitas pembelajaran, memberikan motivasi kepada peserta didik dengan cara klasikal di depan kelas ataupun secara personal dengan peserta didik, menggunakan strategi pembelajaran yang berbeda dalam pembelajaran dapat membuat proses pembelajaran tidak monton dan membosankan, membuat pembelajaran menjadi menyenangkan,berimprovisasi dalam proses pembelajaran, membuat dan mengembangkan media pembelajaran yang menarik dan aplikatif, membuat dan mengembangkan bahan ajar, menghasilkan inovasi-inovasi baru dalam pembelajaran. Tantangan yang dihadapi guru ketika mengimplementasikan kreativitas dalam pembelajaran yaitu berasal dari faktor internal dan eksttarl, tantangan dari faktor internal yaitu kemampaun guru dan dari faktor eksternal yaitu karaktersitik peserta didik yang berbeda-beda.
Copyrights © 2021