Jurnal IKA PGSD : Ikatan Alumni PGSD UNARS
Vol 9 No 1 (2021): JUNI

KESULITAN MEMBACA PEMAHAMAN PESERTA DIDIK DI KELAS IVA SD NEGERI 1 KARANGNANAS

Diyah Ayu Windiasari (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Purwokerto)
Cicih Wiarsih (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Purwokerto)
Yudha Febrianta (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Purwokerto)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor penyebab kesulitan membaca pemahaman peserta didik di kelas IVA SD Negeri 1 Karangnanas dan upaya guru dalam mengatasi kesulitan membaca pemahaman peserta didik. Jenis penelitian ini adalah studi kasus. Partisipan dalam penelitian yaitu guru, orang tua peserta didik, dan peserta didik dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor yang mempengaruhi kesulitan membaca pemahaman peserta didik di kelas IVA SD Negeri 1 Karangnanas yaitu faktor psikologi (kurangnya perhatian dan motivasi belajar dari orang tua maupun guru), faktor pengetahuan tentang cara membaca (rendahnya kemampuan peserta didik dalam menemukan ide pokok bacaan, menentukan watak tokoh dan membuat kesimpulan dari bacaan), dan faktor latar belakang sosial, ekonomi, dan budaya. Upaya yang sudah dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan membaca pemahaman peserta didik yaitu dengan latihan, penugasan dan penggunaan strategi pembelajaran ekspositori dan strategi Know – Want to Know – Learned (KWL).

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pgsdunars

Publisher

Subject

Education Other

Description

IKA PGSD adalah Jurnal yang diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Abdurachman Saleh Situbondo. Pertama kali dibentuk pada tahun 2012, dan saat ini terbit 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan Juni dan Desember. Jurnal IKA PGSD berisikan hasil penelitian dan kajian ...