Jurnal IKA PGSD : Ikatan Alumni PGSD UNARS
Vol 8 No 2 (2020): DESEMBER

Upaya Meningkatkan Karakter Tanggung Jawab dan Prestasi Belajar melalui Model Pembelajaran Kooperatif tipe Time Token pada Tema 6 Panas dan Perpindahannya di Kelas VA SD Negeri Karangkemiri

Nur Novtian Maya Anggriani (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Purwokerto Purwokerto Indonesia)
Karma Iswasta Eka (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Purwokerto Purwokerto Indonesia)
Pratik Hari Yuwono (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Purwokerto Purwokerto Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan karakter tanggung jawab dan prestasi belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Time Token pada tema 6 (Panas dan Perpindahannya) di kelas VA SD Negeri Karangkemiri. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus. Subjek penelitian berjumlah 32 siswa. Data yang dikumpulkan adalah karakter tanggung jawab dan prestasi belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Time Token dapat meningkatkan karakter tanggung jawab peserta didik dilihat dari perolehan presentase klasikal siklus I yaitu 68% dengan kriteria baik dan mengalami peningkatan menjadi 80% di siklus II dengan kriteria sangat baik. Kedua, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Time Token dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik dilihat dari perolehan rata-rata nilai siklus I yaitu 71 dengan ketuntasan belajar 72% dan meningkat menjadi 80 dengan ketuntasan belajar 90% pada siklus II sehingga indikator keberhasilan penelitian tercapai.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

pgsdunars

Publisher

Subject

Education Other

Description

IKA PGSD adalah Jurnal yang diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Abdurachman Saleh Situbondo. Pertama kali dibentuk pada tahun 2012, dan saat ini terbit 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan Juni dan Desember. Jurnal IKA PGSD berisikan hasil penelitian dan kajian ...