Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam
Vol 3, No 1 (2021): Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam

PEMBIASAAN POSITIF DAN KETELADANAN DI TK TADIKA PURI JAKARTA SELATAN

Akhmad Shunhaji (Institut PTIQ Jakarta)
Windy Dian Sari (STAI Fatahillah Serpong, Banten)
Rini Komalasari (TK Tadika Puri Jakarta Selatan)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2021

Abstract

Tulisan ini membahas pentingnya metode pembiasaan dan keteladanan bagi peserta didik pada jenjang belajar anak usia dini. Tulisan ini menggunakan pendekatan kualitatif fenomenlogi. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. untuk mengungkap fakta dibalik realita yang ada dalam proses belajar mengajar di kelas. Sebagai objek pendidikan, manusia (anak) merupakan sasaran pembinaan dalam melaksanakan (proses) pendidikan, yang pada hakikatnya ia memiliki pribadi yang sama dengan manusia dewasa, namun karena kodratnya belum berkembang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman karakter anak usia dini cocok menggunakan strategi pembiasaan positif dan keteladanan. Peserta didik langsung dapat memperoleh pelajaran tentang pembiasaan yang perlu dilakukan setiap saat dan yang perlu ditinggalkan. Proses meneladani dan membiasakan perilaku positif ini sejalan dengan tahapan pembentukan karakter, yaitu pengenalan, pemahaman, penerapan, pengulangan atau pembiasaan, pembudayaan, serta internalisasi.  Sebuah strategi pembelajaran yang menekankan pada aspek pembiasaan dan keteladanan guna menumbuhkembangkan karakter anak.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

andragogi

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Jurnal Andragogi adalah jurnal yang di terbitkan oleh Prodi Manajemen Pendidikan Islam Institut PTIQ Jakarta. Fokus kajian adalah manajemen pendidikan Islam dan pendidikan Islam. ...