Tujuan penelitian ini untuk mengetahui cara akan untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam bentuk kegiatan nyata dan praktis untuk mencapai tujuan pembelajaran. Dalam penelitian ini, penulis hanya membatasi mengenai kajian Aplikasi Pembelajaran Pendidikan agama Islam melalui metode Mind Mapping untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) di Sekolah Alam Madinah School Tangerang. Penelitian yang dilakukan penulis adalah dengan mengobservasi dari siswa kelas IV dan V SD, dengan pembatasan. Adanya studi kasus merupakan bentuk penelitian yang dapat dilakukan terhadap individu, segolongan manusia, lingkungan hidup manusia atau lembaga sosial. Hal ini dipandang efektif karena mampu digunakan untuk mencari motif-motif dibalik fakta sosial yang tampak secara empirik. Penelitian ini menggunakan pendekatan metodologi kualitatif yaitu metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat post positivisme, digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah, (sebagai lawannya adalah eksperimen) di mana peneliti adalah sebagai instrument kunci, tehnik pengumpulan data dilakukan secara triangulasi (gabungan), analisa data bersifat kualitatif, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna dari pada generalisas. Implementasi pembelajaran Pendidikan agama Islam melalui metode mind mapping sangat membantu siswa untuk aktif dan dapat meningkatkan motovasi, kreatifitas, dan minat belajar siswa.
Copyrights © 2021