Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi)
Vol 9, No 1 (2021): Juni

FAKTOR KESUKSESAN PENGGUNAAN APLIKASI DARING UNTUK PROSES PEMBELAJARAN AKUNTANSI SAAT PANDEMI COVID-19

Amir Hidayatulloh (Universitas Ahmad Dahlan)



Article Info

Publish Date
21 Jun 2021

Abstract

Pandemi covid-19 memaksa dunia pendidikan untuk mengubah media pembelajaran yang semula dari offline (tatap muka) menjadi pembelajaran daring (menggunakan aplikasi). Sehingga, perlu dilakukan penelitian mengenai faktor-faktor yang memengaruhi penggunaan teknologi untuk proses pembelajaran. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan (UAD). Sampel penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Akuntansi UAD. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling, dengan kriteria mahasiswa yang menempuh mata kuliah Akuntansi Pengantar, Akuntansi Keuangan Menengah, dan Akuntansi Lanjutan. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menyebar kuesioner kepada responden yang memenuhi kriteria dengan bantuan google form. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Partial Least Square dengan bantuan WarpPLS. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa penggunaan teknologi untuk pembelajaran dipengaruhi oleh persepsi kegunaan dan persepsi kemudahaan penggunaan. Sehingga, ketika mahasiswa menganggap teknologi mudah digunakan dan meningkatkan kinerjanya maka mahasiswa tersebut akan mengunakannya. Akan tetapi, kondisi yang memfasilitasi seperti kesediaan sinyal maupun jaringan tidak berpengaruh terhadap penggunaan teknologi untuk pembelajaran.The Covid-19 pandemic forces the world of education to change learning media from offline (face-to-face) to online learning (using applications). So, it is necessary to research the factors that influence the use of technology in the learning process. The population in this study were students of Universitas Ahmad Dahlan (UAD). The samples of this research were students of the UAD Accounting Study Program. The sampling technique used in this study was purposive sampling, with the criteria for students taking introductory accounting, intermediate financial accounting, and advanced accounting courses. Data collection in this study was carried out by distributing questionnaires to respondents who met the criteria with the help of Google Forms. The data analysis technique in this study used Partial Least Square with the help of WarpPLS. This study obtained the results that technology for learning is influenced by perceptions of usefulness and perceived ease of use. So, when students consider technology easy to use and improve their performance, they will use it. However, facilitating conditions such as signal and network readiness does not affect the use of technology for learning.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

edukasi

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Other

Description

Jurnal Edukasi Memuat hasil penelitian atau kajian teoritis yang berkaitan dengan pengembangan dan peningkatan professi Guru IPS, Kajian Perusahaan (BUMN dan BUMS), Perbankan, Ekonomi, dan Akuntansi. ...