APTEK
Jurnal Apliksai Teknologi (APTEK): Volume 11, No. 01, Januari 2019

ANALISIS KETERSEDIAAN AIR DAERAH ALIRAN SUNGAI (DAS) ROKAN MENGGUNAKAN Genie Rural a 4 parametres Journalier (GR4J) ( Studi Kasus: AWLR Pasir Pengaraian )

Rafit Mahendra (Universitas Riau)
Sigit Sutikno (Universitas Riau)
Manyuk Fauzi (Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
09 Jan 2019

Abstract

Penelitian ini mengkaji pemodelan hidrologi untuk analisis ketersediaan air menggunakan metode GR4J (GeĀ“nie Rural a` 4 parame`tres Journalier) pada Daerah Aliran Sungai (DAS) Rokan. Pemodelan GR4J inimenggunakan input data berupa data hujan harian pada stasiun Rambah Utama dan data evapotranspirasi potensialharian, data klimatologi pada stasiun Rambah Utama. Hasil pemodelan ini diuji menggunakan data debitpengamatan harian pada stasiun AWLR stasiun Pasir Pengaraian. Pemodelan ini mengoptimasi empat parameterbebas berupa Kapasitas Maksimum Production Store (X1) dengan nilai 217,74 mm, Koefisien Perubahan Air Tanah(X2) dengan nilai -0,25 mm, Kapasitas Maksimum Routing Store (X3) dengan nilai 663,66 mm, dan Waktu PuncakOrdinat Unit Hidrograf (X4) dengan nilai 0,91 hari. Pada metode kedua, dilakukan kalibrasi pada tahun tertentu danverifikasi pada tahun setelahnya. Sebagai penentu keberhasilan model, digunakanlah persamaan Nash SutcliffeCoefficient (NS) dan metode Koefisien Korelasi (R) untuk menghitung simpangan yang terjadi.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

aptek

Publisher

Subject

Engineering

Description

APTEK (Aplikasi Teknologi) menerbitkan manuskrip penelitian terkait dengan ilmu teknik. Tujuan jurnal ini adalah untuk menyebarluaskan hasil-hasil penelitian dan studi ilmiah yang berkontribusi pada pengembangan teori dan konsep-konsep ilmu pengetahuan serta penerapannya pada bidang teknik. ...