Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi kecurangan klaim asuransi (fraud) di sebuah perusahaan asuransi. Menggunakan pendekatan studi kasus, ditemukan sejumlah kasus-kasus klaim yang tidak lazim dengan nilai pengajuan yang tidak wajar. Hasil investigasi kemudian dimodelkan mengikuti prosedur standar operasional yang ada. Hasil yang diperoleh adalah standar operasional perusahaan tidak dijalankan secara konsisten dan optimal, sehingga memudahkan bagi tertanggung untuk melakukan tindak kecurangan. Tindak kecurangan yang berhasil diinvestigasi adalah pemalsuan dokumen (Falsifying documents), submitting double bills (mengirimkan tagihan ganda), juga providing unnecessary care and maximizing care (memberikan perawatan yang tidak perlu dan memaksimalkan perawatan). Guna mencegah tindak kecurangan ini dan menguranginya, disarankan untuk melakukan sinergi antar depertemen di perusahaan dan melakukan kerjasama dengan pihak-pihak penerbit dokumen di luar perusahaan seperti pembuat ktp elektronik (Pemda). Katakunci: Klaim Asuransi, Kecurangan (Fraud).
Copyrights © 2020