Chemistry Education Practice
Vol. 4 No. 2 (2021): Edisi Khusus Penelitian Pengembangan dalam rangka ulang tahun CEP yang ke 4

Pengembangan Bahan Ajar Online Sebagai Media Pembelajaran Selama Covid-19

Rozana Afriani (Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Mataram)
Muti'ah Muti'ah (Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Mataram)
Syarifa Wahidah Al Idrus (Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
14 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (R&D) yang bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan dan kepraktisan dari bahan ajar online yang dikembangkan. Bahan ajar online dengan pokok bahasan hukum-hukum dasar kimia untuk pegangan peserta didik kelas X telah berhasil dikembangkan. Pengembangan bahan ajar online telah melalui serangkaian tahapan validasi ahli, respon guru dan peserta didik menggunakan instrument angket, dan uji coba terbatas. Penelitian pengembangan (R&D) dilakukan dengan 4 tahapan yakni: tahap define (pendefinisian), tahap design (perancangan), tahap development (pengembangan), dan tahap dissemination (penyebaran). Bahan ajar online  yang telah dikembangkan dinyatakan sangat valid dan layak oleh validator ditinjau dari beberapa komponen dengan nilai rata-rata didapatkan sebesar 4 dari skor 1-4 dan praktis dengan persentase kepraktisan dari peserta didik sebesar 79% serta didukung dengan persentase kepraktisan dari guru sebesar 88%. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat ditarik kesimpulan bahwa bahan ajar online dengan pokok bahasan hukum-hukum dasar kimia kelas X yang telah dikembangkan dengan model 4D memenuhi kriteria yakni sangat layak dan sangat praktis digunakan dalam proses kegiatan belajar mengajar secara online.Kata Kunci: Pengembangan, Bahan Ajar Online, Hukum-Hukum Dasar Kimia.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

CEP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Chemistry Education Practice (ISSN Cetak 2654-8119 dan ISSN Online 2656-3940) adalah jurnal peer-review yang diterbitkan oleh Program Pendidikan Kimia, Fakultas Pendidikan Guru Pelatihan dan Pendidikan, Universitas Mataram. Jurnal ini merupakan jurnal open access. Jurnal Chemistry Education ...