PEDAGOGIKA
Vol 12 No 1 (2021): APRIL

Pembelajaran Matematika melalui Permainan Tradisional pada Siswa Sekolah Dasar

Nur Inayah Syar (IAIN Palangkaraya)
Dilla (IAIN Palangkaraya)
Gito Supriadi (IAIN Palangkaraya)



Article Info

Publish Date
22 Apr 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pelaksanaan, faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran matematika melalui permainan tradisional serta pengetahuan siswa tentang jenis-jenis bangun datar di Sekolah Dasar Negeri 2 Kuala Pembuang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, teknik pengumpulan data melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah kelas 2A dan 2B. Data penelitian dianalisis dengan teknik analisis data model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Pelaksanaan pembelajaran matematika melalui permainan tradisional pada siswa meliputi: penyampaian tujuan pembelajaran; hompimpa; penyiapan alat dan bahan permainan tradisional; penjelasan aturan permainan; pemberian contoh; pelaksanaan permainan; pemberian semangat; evaluasi; 2) Faktor yang mendukung pelaksanaan pembelajaran matematika melalui permainan tradisional adalah sarana dan prasarana yaitu adanya halaman yang luas sangat mendukung, dan dukungan kepala sekolah. Faktor penghambat pelaksanaannya adalah keterbatasan waktu, kegiatan yang banyak dan jumlah anak yang bermain besar; 3) Permainan tradisional meningkatkan pengetahuan siswa tentang macam-macam bangun datar seperti segitiga, trapesium, belah ketupat, dan lingkaran.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pedagogika

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

The PEDAGOGIKA with registered number ISSN p-2086-4469, ISSN e-2716-0580 is a collection of educational scientific articles, especially in the fields of educational sciences such as Educational Management, Guidance and Counseling, Primary/Elementary and Teacher Education, Early Childhood and Teacher ...