PEDAGOGIKA
Vol 12 No 1 (2021): APRIL

Pengaruh Ujian Ulangan Harian Menggunakan Computer Based Test Terhadap Motivasi Belajar Siswa

Mohammad Lutfi Eko Nurseha (Universitas Islam Jember)
Arifin Nur Budiono (Universitas Islam Jember)
Wahyuni Wahyuni (Universitas Islam Jember)



Article Info

Publish Date
16 Apr 2021

Abstract

Dalam era pendidikan modern motivasi belajar dapat ditumbuhkan melalui bentuk ujian modern berbasis teknologi. Salah satu bentuk ujian modern yang digunakan yaitu menggunakan Computer Based Test (CBT). CBT atau ujian berbasis komputer ialah bentuk ujian tes yang dalam pelaksanaannya berbantuan komputer ataupun laptop sebagai media untuk melakukan ujian. Tujuan dari penelitian ini ialah guna mengetahui pengaruh ujian ulangan harian menggunakan CBT terhadap motivasi belajar siswa kelas XI SMAN 2 Tanggul. Penelitian ini ialah jenis penelitian kuantitatif memakai korelasi sederhana. Metode analisis data dari penelitian ini yakni menggunakan korelasi product moment dengan bantuan aplikasi Satatistica Product and Service Solution (SPSS) 20.0 dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Jumlah sampel sebanyak 159 menggunakan simple random sampling. Berdasarkan hasil penelitian menghasilkan taraf Sig sebesar 0,00 artinya hasil dari taraf Sig 0,00 < 0,05 bisa disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan ujian ulangan harian menggunakan CBT terhadap motivasi belajar siswa kelas XI SMAN 2 Tanggul

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pedagogika

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

The PEDAGOGIKA with registered number ISSN p-2086-4469, ISSN e-2716-0580 is a collection of educational scientific articles, especially in the fields of educational sciences such as Educational Management, Guidance and Counseling, Primary/Elementary and Teacher Education, Early Childhood and Teacher ...