Journal Ilmiah Rinjani : Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani
Vol. 8 No. 2 (2020): Journal Ilmiah Rinjani: Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani

DAMPAK TERPAAN BERITA TERHADAP MINAT KUNJUNGAN WISATAWAN PASCA GEMPA LOMBOK

Ec.Endang Kartini, Izrawati, Lalu Mimbar (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AMM, Nusa Tenggara Barat, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis terpaan media massa terutama berita di televisi terhadap minat berkunjung wisatawan ke Lombok pasca terjadinya gempa pada Agustus 2018. Penelitian didesain sebagai penelitian survey deskriptif eksplanatori yang bersifat korelasional dan pengaruh. Data primer diperoleh dengan melakukan wawancara langsung dengan responden. Metode survei merupakan metode yang mengambil sampel dari satu kelompok populasi dan menggunakan kuesioner yang terstruktur sebagai alat pengumpulan data yang pokok untuk mendapatkan informasi yang spesifk. Fokus penelitian adalah menganalisis pengaruh terpaan berita pada media televisi terhadap minat berkunjung wisatwan pasca terjadinya bencana GempaLombok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berita yang ditampilan di media massa televisi memberikan dampak terhadap perilaku khalayaknya sesuai dengan teori uses and effect, dimana kebutuhan akan informasi akan mempengaruhi perilaku penerima informasi. Pasca terjadinya gempa di Lombok pada Agustus 2018, pemerintah daerah maupun pusat kembali melakukan penataan terhadap destinasi wisata di Lombok terutama untuk infrastruktur dan pemasaran pariwisatanya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifkan positif terpaan berita terhadap minat pariwisata ke Lombok pasca terjadinya gempa. Televisi yang merupakan media massa yang memiliki kekuatan dalam mempengaruhi, persepsi, pandangan hingga sikap audiens. Terpaan berita memberikan kontribusi pengaruh signifkan positif (sebesar 17.6%) terhadap minat pariwisata. Oleh karena itu, Televisi dirasa memainkan peranan penting dalam penyebaran informasi dan memiliki kemampuan untuk mempengaruhi perilaku khalayak.

Copyrights © 2020